Advertisement 300 X 250

Sunday, April 24, 2011

Menristek : WiMax Jangan Sampai 'Gagal'


 Teknologi WiMax digadang-gadang bisa menghadirkan internet murah dan luas. Namun Menristek mewanti-wanti Indonesia untuk belajar dari GSM dan CDMA, jangan sampai WiMax juga 'gagal'.

"Sudah cukup sampai di sini saja. Kita jangan sampai seperti saat GSM dan CDMA masuk ke sini. Kita hanya jadi konsumen saja, tanpa memiliki kesempatan untuk ikut menikmati pasarnya," kata Menristek Kusmayanto Kadiman kepada detikINET usai launching software jBatik v 2.0 di Blitz, Parisj Van Java, Rabu (27/5/2009).

Menurut pria penggemar bonsai ini, sudah waktunya Indonesia memanfaatkan jumlah populasi yang besar sebagai kekuatan.

"Sekarang dibalik, bukan saatnya lagi berpikir untuk memberi makan 240 juta mulut. Tapi dari 240 juta ini bisa menghasilkan ide kreatif seperti apa yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis," katanya.

Kaitannya dengan WiMax, Kusmayanto menegaskan bahwa industri lokal tetap harus masuk dalam proyek WiMax. Walaupun secara teknologi belum sempurna betul, namun hal itu lebih bagus ketimbang seluruh perangkat diimpor seperti yang sudah terjadi pada layanan 2G dan 3G.

"Daripada kayak kemarin. Kita harus paksa industri lokal untuk terus mengembangkan produknya," tegasnya.

Disinggung mengenai kewajiban performa operator pemenang tender, dia mengungkapkan situasi itu bisa disiasati dengan menurunkan tingkat kandungan lokal yang wajib dipenuhi operator.

"Ini yang menjadi masalah. Sekarang saya tanya, lebih baik standarnya diturunkan tapi nanti industri lokal jadi tumbuh semua. Atau standarnya langsung tinggi, tapi hanya sekali itu saja? Kalau saya memilih diturunkan asal terus tumbuh," ungkapnya

Kusmayanto juga mengatakan bahwa pemerintah bisa saja melakukan intervensi. Walaupun saat terjadinya intervensi akan menimbulkan tendensi negatif, namun Kusmayanto yakin bahwa untuk sesuatu yang baik maka intervensi bisa dilakukan.

"Dulu GSM sampai muncul istilah Geser Sedikit Mati. Karena sangking jeleknya. Tapi toh orang masih pada pakai saat itu. Tapi kan lambat laun membaik, begitu pula dengan tender WiMax. Kalau jelek di awal ya harap sabar. Pasti akan semakin baik kok," pungkasnya.

Sumber:
http://www.detikinet.com/read/2009/05/28/114540/1138595/328/menristek-wimax-jangan-sampai-gagal

 
Powered by Blogger